malala

Empat Langkah Mudah Menyelamatkan Penyu dari Kepunahan

Tidak peduli siapa pun Anda dan apa pun profesi Anda, membuat perubahan positif untuk menyelamatkan penyu dari ancaman kepunahan dapat Anda lakukan dengan empat langkah mudah. Di mulai dari kesadaran pada lingkungan di sekitar, kita semua bisa melakukan hal-hal sederhana berikut untuk sebuah dampak yang besar bagi populasi penyu di masa mendatang.

1. Menjaga kebersihan dan kelestarian habitat penyu
Tahukah Anda? Sekitar 50%-80% penyu ditemukan tewas akibat terbelit atau tertelan sampah yang berserakan di laut. Sampah-sampah yang ada di laut merupakan ancaman serius bagi populasi penyu. Terutama sampah plastik yang menyerupai ubur-ubur dan sering diartikan sebagai makanan oleh penyu, sehingga kemudian dapat menyumbat saluran pencernaan mereka lalu berakibat pada kematian.
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan habitat penyu. Mulai dari kesadaran dari diri sendiri untuk tidak meninggalkan sampah di sekitar pantai, dan juga dengan mengorganisir kegiatan volunteer yang rutin dilakukan untuk membersihkan kawasan pantai.
Menjaga kelestarian terumbu karang juga tidak kalah pentingnya, karena terumbu karang adalah salah satu sumber makanan utama bagi penyu. Caranya adalah dengan tidak melakukan kontak fisik dengan terumbu karang, dan bijak dalam memilih sunblock yang akan Anda gunakan untuk menyelam. Gunakan sunblock yang mengandung bahan ramah lingkungan dan bebas dari bahan kimia seperti Oxybenzone, Butylparaben, kamper 4-Methylbenzylidene dan bahan-bahan kimia berbahaya lainnya yang bisa mempercepat pemutihan karang.

2. Tidak membeli produk olahan yang berasal dari penyu
Penyu merupakan hewan terancam punah yang dilindungi secara nasional, regional, maupun internasional. Sehingga, segala bentuk komersialisasi penyu maupun turunannya telah dilarang di Indonesia dan diberikan perlindungan khusus di bawah UU No. 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. Jika Anda mengetahui perbuatan ilegal yang dapat mengancam populasi penyu, silahkan laporkan lewat info@malala-tours.com. Malala Tours akan menindaklanjuti semua laporan Anda ke instansi terkait.

3. Mendukung ekowisata penyu
Lakukan kunjungan ke penangkaran penyu dan perkaya informasi seputar spesies langka ini. Jika Anda ingin melakukan hal yang bermanfaat untuk lingkungan dengan cara yang seru, Malala Tours memiliki beberapa pilihan paket wisata Sumatra Barat yang berkaitan dengan ekowisata bernama Eco Island Trip. Di tengah keindahan Pulau Kasiak dan Pulau Angso Duo yang merupakan pusat konservasi penyu Sumatra Barat, Anda dapat berwisata sambil mengadopsi anak penyu (tukik) dan membantu mereka kembali ke habitat asalnya.
Dengan menyaksikan dan berinteraksi langsung, Anda akan lebih tergerak untuk melakukan perubahan. Bila perlu, ikutsertakan anak-anak dalam kunjungan Anda untuk memupuk rasa peduli lingkungan ketika mereka beranjak dewasa.

4. Menyebarkan informasi ini
Mencegah kepunahan penyu lebih mudah dilakukan jika kita bekerja sama. Anda tidak perlu menjadi seorang pemerhati dan penggiat lingkungan untuk melakukan hal ini.  Jika Anda tidak bisa terjun ke lapangan untuk melakukan ketiga poin di atas, maka yang perlu Anda lakukan hanya lah sedikit niat untuk membaca, rasa empati terhadap keseimbangan lingkungan, dan keinginan untuk membantu kami menyebarkan informasi seputar penyu yang keberadaannya semakin terancam. Sebab, salah satu penyebab semakin berkurangnya populasi penyu adalah ketidaktahuan akan informasi.


Photo Courtesy:
Cover:
© nsbturtles.org
© Mark Blacknell

Content (from left-to-right):
© bocaratonphotographyanddesign.com
© pinterest
© flickr
© 
fabforgottennobility.tumblr.com

Article written by: Reskhi Wyasta Trinanda | 2016